Minggu, 14 Juni 2015

* Menentukan awal dan akhir puasa

Alhamdulillah puasa sudah di ambang pintu,.....

^ Pertanyaan :

Apakah boleh seorang muslim menentukan awal dan akhir puasa dengan hisab ilmu falak harus dengan ru'yah hilal ?

^ Jawab :

Allah Ta'ala tidak membebani kita dalam mengatahui awal bulan Qamariyyah dengan sesuatu yang tidak ada yang mengatahui - nya kecuali kelompok yang sedikit dari manusia yaitu ilmu perbintangan atau hisab falak,... Dengan ketentuan ini terdapat nash - nash Al - kitap dan As-sunnah untuk menjadikan ru'yah hilal dan menyaksikan sebagai tanda awal puasa-nya muslimin di bulan Ramadhan dan berbuka dengan melihat hilal Syawwal.
Demikian pula keadaan-nya dalam menetapkan 'iedul Adha dan Arafah.
Allah Ta'ala berfirman :

" Maka barang siapa di antara kalian menyaksikan bulan hendak-nya berpuasa" ( AL-Baqarah: 185 )

" Mereka bertanya kepadamu tentang hilal - hilal, katakanlah itu adalah waktu-waktu bagi manusia dan bagi ( ibadah ) haji" ( AL-Baqarah: 189 )

* Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda :

" Jika kalian melihat-nya maka puasalah kalian dan jika kalian melihat-nya maka berbukalah kalian. Tapi jika kalian tertutupi awan, maka sempurnakan-lah menjadi tigapuluh" ( Shahih, HR. Al-Bukhari dan Muslim dari ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma )

* Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam menjadikan tetapnya puasa dengan melihat hilal bulan puasa dengan melihat hilal bulan Ramadhan dan berbuka dengan melihat hilal Syawwal, dan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam tidak mengaitkan itu dengan hisab bintang-bintang dan perjalan-nya. yang demikian di amalkan sejak jaman Nabi Shallalahu 'alaihi wasallam, para Al-khulafa' Ar-Rasyidin, empat imam dan tiga kurun waktu yang Nabi Shallalallahu 'alaihi wasallam persaksikan keutamaan dan kebaikan-nya.

* Merujuk ilmu bintang dan meninggalkan ru'yah dalam menetapkan bulan-bulan Qomariyyah untuk menentukan awal ibadah, merupakan bid'ah yang tiada kebaikan pada-nya dan tidak ada landasan dalam syariat.



Sumber : ^ Ashabus Sunnah ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar