Sabtu, 20 Juni 2015

* Haramnya pacaran dalam islam

Banyak kaum remaja yang melakukan pacaran di zaman ini. Mereka mengikuti gaya hidup orang barat yang kebanyakannya adalah orang kafir. Padahal pacaran itu dilarang dalam islam, Allah Ta’ala berfirman :

Katakanlah (wahai Nabi) kepada laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan sebagian pandangan mata mereka dan memelihara kemaluan mereka. Yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat.” Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan sebagian pandangan mata mereka dan memelihara kemaluan mereka….” (An-Nur: 30-31)

Dalam ayat diatas kita diwajibkan untuk menahan pandangan mata untuk kaum muslimin dan muslimah. Sedangkan dalam pacaran sudah biasa saling memandang dan ini diharamkan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah mengharamkan seorang lelaki menyentuh wanita yang tidak halal baginya. Beliau pernah bersabda:

لَأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ أَحَدِكُمْ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيْدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لاَ تَحِلُّ لَهُ

“Kepala salah seorang ditusuk dengan jarum dari besi itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HR. Ath-Thabarani dalam Al-Kabir 20/210 dari Ma’qil bin Yasar, lihat Ash-Shahihah no. 226)

Dalam hadits ini menjelaskan haramnya menyentuh wanita yang bukan mahramnya. Dalam pacaran tentu sudah biasa bergandengan tangan dengan sang kekasih dan hal ini termasuk dosa besar.

Pacaran juga mempunyai banyak dampak negatif diantarannya :

1. Seks bebas
2. Hamil diluar nikah
3. Pernikahan dini
4. Aborsi
5. Bunuh diri
6. Pembunuhan
7. Dll


Sudah seyogyanya seorang muslim bertakwa kepada Allah dan menjauhi yang namanya pacaran. Terlalu banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari pacaran. Tempuhlah jalan yang halal yaitu menikah jika ingin memiliki pasangan. Wallahu’alam





Sumber : shirotholmustaqim.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar