Senin, 22 Juni 2015

* Menghargai Jasa-jasa Orang Tua

Al Ustadz Abdul Halim

Ayah dan Ibu adalah orang yang banyak berjasa dalam kehidupan kita. Setinggi apapun jabatan kita,sebanyak apapun harta kita,bagaimanapun kedudukan kita bahkan setinggi apapun ilmu kita,jangan sampai kita lupa dan terlena bahwa semua itu dikaruniakan oleh Allah setelah Dia menciptakan kita melalui ibu dan ayah.

Ayah dan Ibu bersusah payah untuk membesarkan kita.Ayah bekerja keras mencari nafkah,ibupun begitu lelahnya mengasuh kita.Akhirnya,kita pun tumbuh berkembang menjadi dewasa,dan,ma sya Allah,rasa lelah dan letih yang mereka rasakan selama ini menjadi sirna demi melihat anak-anak mereka tumbuh berkembang menjadi dewasa.

Itulah orang tua kita,keberhasilan dan kesuksesan kita sangat erat kaitannya dengan jerih payah mereka membesarkan kita. Oleh karena itu,merupakan kewajiban bagi kita memberikan bakti kita kepada ayah dan ibu.

Allah Subhanahu wa ta’ala,dalam banyak ayat-Nya di dalam Al Qur’an,menggabungkan antara perintah untuk beribadah kepada-Nya dan perintah untuk berbakti kepada orang tua.

☝Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman :

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan berbuatbaiklah kepada dua orang ibu bapak.” {An-Nisa':36}

Allah Subhanahu wa ta’ala juga mengingatkan kita agar semakin berbakti kepada orang tua tatkala keduanya telah mencapai masa tua.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu,sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’,dan janganlah kamu membentak mereka,dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

{ Al Isra':23}

Bahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah menegaskan bahwa durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar yang paling besar. Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Maukah kalian kuberi tahu tentang dosa-dosa besar yang paling besar?” Beliau mengucapkannya tiga kali. Para shahabatpun mengatakan,” Tentu mau,wahai Rasulullah.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan:
“[Dosa-dosa besar yang paling besar itu adalah] syirik kepada ALLAH,durhaka kepada kedua orang tua,dan persaksian palsu(perkataan dusta).”
{HR.Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Bakrah Radiyallahu ‘anhu}



sumber : shirotholmustaqim.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar